Wednesday, September 25, 2013

Tips Memilih Sepatu



Pesona Gaya
High heels bisa membuat penampilan Anda jadi lebih seksi. Tapi jangan hanya demi tampilan, kaki Anda malah tersiksa. Pilih ukuran yang tepat agar Anda tetap leluasa.

Menentukan ukuran sepatu sama pentingnya dengan menentukan jodoh. Harus pas. Sepatu kebesaran bisa membuat kaki Anda terpeleset keluar dari sepatu, akibatnya dapat diduga: kaki Anda keseleo. Secara penampilan pun pasti tak menarik. Mengenakan sepatu kebesaran, Anda jadi mirip gadis cilik usia lima tahun yang mengenakan sepatu ibunya. Sepatu kesempitan pun bisa membuat kaki sakit,  kemudian sakitnya menjalar ke kepala dan akhirnya berbuntut stres.

Saat memilih ukuran sepatu, perhatikan ini:

1. Beda merek sepatu, beda  standar. 
Jangan bertahan mati-matian dengan satu nomor saja. Bisa saja beda merek sepatu, ukuran yang pas untuk kaki Anda pun berbeda. Kadang-kadang, merek yang sama pun Anda bisa memakai nomor yang lebih besar atau yang lebih kecil. Naik–turun ukuran sampai 0.5 masih wajar. Jadi pastikan Anda mengenakan ukuran yang pas di kaki dan tidak sekadar ‘karena biasanya pakai nomor ini'.

2. Pakai berkeliling. 
Mencoba sepatu tidak sekadar berdiri sambil mengamati penampilan kaki Anda di depan cermin. Nasib kaki Anda sangat ditentukan oleh sang sepatu. Kenakan sepatu itu untuk berjalan, seolah-olah Anda sedang berada di kantor, atau ke pesta. Sepatu yang dipajang memang disediakan untuk dicoba. Bila bagian jari sering terpeleset atau malah terasa terjepit di bagian samping, berarti ukuran sepatu itu tidak untuk Anda.

3. Jangan percaya omongan pramuniaga. 
Mereka dengan gampangnya mengatakan, “Itu bahannya kulit Bu, nanti juga akan melar mengikuti kaki Ibu.” Tidak selalu. Ada juga yang melar, tapi sedikit sekali. Kalau kebesaran, untuk membuat ukuran itu pas, mintalah pada pramuniaga untuk menambahkan sol, mungkin di bagian telapak atau di bagian jari-jari kaki, sampai Anda betul-betul merasa nyaman saat berjalan.

No comments:

Post a Comment